Beggar Thy Neighbour Policies Dalam Konfusianisme

Home » Artikel » Beggar Thy Neighbour Policies Dalam Konfusianisme

Dilihat

Dilihat : 101 Kali

Pengunjung

  • 1
  • 19
  • 41
  • 29,356
2 Beggar Thy pic

Oleh: Xie Zhen Ming 谢峥明;

Editor: Majaputera K / Sia Wie Kiong 谢偉强

 

Dalam ilmu ekonomi dikenal sebuah istilah: ‘beggar thy neighbor’ policies (ada yang menyebutnya ‘beggar my neighbor’). Secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai kebijakan ekonomi yang menguntungkan negara sendiri, tetapi merugikan negara lain. Istilah ini muncul sekitar peristiwa Perang Dunia I-II. Waktu itu beberapa negara, di satu sisi menutup pintu impor, pada saat yang sama juga mendorong ekspor.

Contoh kebijakan ‘beggar thy neighbour’ antara lain: trade barriers (penghambatan perdagangan), currency depreciation (hilangnya nilai mata uang suatu negara sehubungan dengan satu atau lebih mata uang referensi asing), cutting corporation tax rates (memotong pajak korporasi), kebijakan America First (pendirian kebijakan luar negeri di Amerika Serikat yang umumnya memajukan nasionalisme Amerika, unilateralisme, proteksionisme dan isolasionisme) pada masa Donald Trump, dan lain-lain.

Peribahasa Mandarin mengatakan: 以邻为壑   yǐ lín wéi hè (Lit: Menjadikan tetangga sebagai tempat pembuangan; Mengalihkan persoalan 1 pihak pada pihak lain), 比喻只图自己一方的利益,把困难或祸害转嫁给别人 (metafora yang hanya mencari kepentingan sendiri dan mengalihkan kesulitan atau bencana kepada orang lain). Suatu ketika Meng Zi berkunjung ke kerajaan Wei. Pada kesempatan tersebut beliau berbincang-bincang dengan Perdana Menteri Bai Gui. Di hadapan Meng Zi, Bai Gui menyombongkan diri. Bai Gui menyatakan dirinya lebih hebat daripada Da Yu, dapat membangun tanggul untuk memblokir sungai.

Meng Zi berpendapat: cara mereka berdua dalam mengatasi musibah banjir itu sangat berbeda. Da Yu membuat parit agar air sungai dan danau mengalir tanpa halangan ke lautan luas. Lahan pertanian yang dulunya sering kali terendam banjir menjadi subur dan kembali produktif. Membangun tanggul untuk memblokir sungai sama halnya dengan memperlakukan negara tetangga sebagai parit besar. Akibatnya, semua banjir mengalir ke negara lain. Cara ini memang menguntungkan untuk diri sendiri tetapi membahayakan bagi orang lain Bagaimana dapat dikatakan lebih baik daripada cara pengendalian banjir oleh Da Yu?

白圭曰:“丹之治水也愈于禹。”孟子曰:“子过矣。禹之治水,水之道也,是故禹以四海为壑。今吾子以邻国为壑。水逆行谓之洚水——洚水者,洪水也——仁人之所恶也。吾子过矣。” 孟子曰:“君子不亮,恶乎执?”

Bai Gui berkata: ”Caraku dalam mengatur air lebih baik dari Raja Yu”. Mengzi berkata: ”Tuan sungguh salah! Yu dalam mengatur air menurutkan hukum-hukum air. Maka Yu menjadikan ke empat lautan sebagai tempat menerima air. Tetapi kini tuan menggunakan negara tetangga sebagai tempat menerima air. Air, bila terhalang alirannya akan meluap-luap dan menimbulkan banjir. Inilah hal yang dibenci seorang yang berperi Cinta Kasih; maka tuan sungguh salah!” Mengzi berkata:  ”Seorang susilawan bila tidak mempunyai keyakinan benar, bagaimana ia dapat memegang teguh?”

(  孟子·告子下  Meng Zi jilid VIB. Pasal 11. Ayat 1-4)

Selamat belajar, semoga bermanfaat. 加油!

 

BAGI PARA PEMBACA YANG MAU MEMBANTU OPERASIONAL SETANGKAIDUPA.COM BISA MELALUI REK. BANK BRI KCP CIPULIR RADIO DALAM 086801018179534 AN. MAJAPUTERA KARNIAWAN. MOHON MENGIRIMKAN KONFIRMASI DANA KE WHATSAPP NOMOR 089678975279 (MAJA).

 

Daftar Pustaka:

Adegunawan, Suyena. 2018. Kompilasi 《四书》– Si Shu – Empat Kitab Klasik. Bandung. USA.

https://www.thehansindia.com/posts/index/News-Analysis/2015-08-12/Yuan-devaluation-may-stoke-currency-war/169363. Diakses 10 Mei 2023.

https://www.purpleculture.net/dictionary-details/?word=%E4%BB%A5%E9%82%BB%E4%B8%BA%E5%A3%91. Diakses 10 Mei 2023.

Butuh bantuan?