Biografi Singkat Bodhidharma (Circa abad 4-5 Masehi)

Home » Artikel » Biografi Singkat Bodhidharma (Circa abad 4-5 Masehi)

Dilihat

Dilihat : 1 Kali

Pengunjung

  • 0
  • 12
  • 18
  • 4,256
SAVE_20220107_115026

Oleh: Yohannes Raynar

Editor: Majaputera K

Bagi yang sering menonton atau penggemar film-film Wuxia (silat) klasik tiongkok tentu mengenal tokoh ini, Bodhidharma (Sansekerta बोधिधर्म, Persia بودی‌دارما, Mandarin 菩提達摩). Bhiksu Bodhidharma yang dalam film-film Wuxia klasik sering disebut sebagai Da Mo Zu Shi /Tat Mo Couw Su 達摩祖師 selalu dikisahkan hubungannya dengan kuil Shaolin 少林 dan kungfu Shaolin, sebagai guru besar kungfu Shaolin.

Selain sebagai seorang bhiksu dan pertapa, beliau juga digambarkan sebagai tokoh yang piawai dalam ilmu bela diri dan juga tenaga dalam. Tapi dalam sejarah agama Buddha, beliau adalah sebagai salah satu penyebar agama Buddha di Tiongkok dan patriarkh pertama Buddhisme Mahayana aliran Jhana/Dhyana/Chan/Zen. Selain di Tiongkok, beliau juga dikenal sampai ke wilayah Jepang (Dengan nama Daruma), Korea, dan Vietnam, di mana Buddhisme aliran Zen tumbuh subur dan berkembang luas.

Untuk menelusuri riwayat hidup YM. Bodhidharma memang agak sulit karena banyak mitos dan legenda yang melapisi kisah hidup beliau. Dikatakan beliau adalah seorang pangeran, putra ketiga Maharaja dari India Selatan, walau ada juga yang mengatakan beliau berasal dari wilayah Indo-Persia (Asia Tengah), yang jenuh akan kehidupan duniawi dan memiliki minat tinggi akan Buddhisme aliran Mahayana. Berkelana mengelilingi berbagai tempat dan negeri untuk belajar dan mengajar Buddhisme, dikatakan ketika hendak memasuki wilayah Tiongkok beliau telah berusia 150 tahun dan yang pertama menulis biografi beliau adalah seorang bhiksu Buddhis bernama Dao Xuan (Abad ke-7 Masehi), sekitar satu abad setelah beliau wafat.

Bodhidharma bila di wilayah Tiongkok adalah sebagai patriarkh pertama Zen Buddhism yang secara tradisi ajarannya bersumber dari Lankavatara Sutra (Sutra Teratai). Secara garis silsilah yang dihitung tanpa putus, Bodhidharma adalah penerus ajaran Sang Buddha Gotama generasi yang ke-28. Karena sumbangsih Shaolin dalam sejarah pendirian dinasti Tang (618 – 907 Masehi), nama Beliau menjadi sangat terkenal dan kekaisaran Tang sangat menghargai dan menghormati beliau dan membangun kuil-kuil yang didedikasikan untuk beliau.

Dikisahkan bahwa Bodhidharma pernah diundang oleh Kaisar Wudi 梁武帝(464–549 Masehi) dari Nan Liang 南涼 (Liang Selatan) dan bertanya jawab tentang Dharma, utamanya tentang nilai-nilai dari perbuatan baik dan kebaikan yang dijawab dengan sangat bijaksana oleh Bodhidharma. Setelah dhammavicaya (diskusi dhamma) dengan kaisar, Bodhidharma kemudian pergi ke Luo Yang 洛陽 dan memasuki sebuah gua untuk bermeditasi dan konsentrasi menatap dinding gua selama sembilan tahun.

Di tengah meditasinya beliau pernah lepas dari konsentrasi dan jatuh tertidur, ketika menyadari telah jatuh dari konsentrasi dan tertidur lantas beliau memotong kedua kelopak matanya sendiri agar tidak terpejam, tidak jatuh tertidur dan lepas dari konsentrasi. Inilah sebabnya Boddhidharma selalu dilukiskan sebagai seorang pertapa yang bermata lebar membeliak tanpa kelopak mata.

Selain sebagai mahaguru Zen Buddhism, Bodhidharma juga selalu dikaitkan dengan wushu/silat Shaolin. Ajaran beliau tentang konsentrasi mendalam (Jhana/dhyana) adalah salah satu pondasi dari silat Shaolin yang menggunakan QiGong 氣功 (tenaga dalam) walau ada yang berpendapat bahwa karena pengetahuan dan penguasaan Bodhidharma akan kalaripayattu (bela diri India) yang kemudian menjadi salah satu dasar silat Shaolin. 

Namaste, sothi hotu.

Sabbe sattha bhavantu sukkhitattha.

 

Sumber :

Zenlightenment. 2021.Bodhidharma (5th century). http://www.zen-buddhism.net/famous-zen-masters/bodhidharma.html. Diakses Desember 2021.

Sacred Texts. Tanpa Tahun. Introduction. https://www.sacred-texts.com/bud/bb/bb07.html. Diakses Desember 2021.

Grandmaster Wong Kiew Kit’s Home Page. 2021.Shaolin Kungfu, Chi Kung, Taijiquan and Zen. http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.shaolin.org.cn/en/index.aspx&ei=qsYizjHH&lc=id-ID&s=1&m=302&host=www.google.co.id&ts=1498819889&sig=ALNZjWksEa5MaJ1RDOQ5hIm1wqnmLySBpA. Diakses Desember 2021

Pal, Sanchari. 2016. Ancient but Deadly: 8 Indian Martial Art Forms and Where You Can Learn Them. https://www.thebetterindia.com/81513/ancient-martial-arts-training-india/amp/. Diakses Desember 2021.

Kunyu Mountain Shaolin Martial Ats Academy. 2021. What’s Shaolin KungFu?. http://www.chineseshaolins.com/what-is-shaolin-kung-fu.html. Diakses Desember 2021

http://www.shaolin-kungfu.com. Diakses Desember 2021

http://www.bukekan.com/uploads/1/2/5/9/12599080/_1029112_orig.jpg. Diakses Desember 2021

Stefon, Matt. 2011. Bodhidharma Buddhist Monk. https://www.britannica.com/biography/Bodhidharma. Diakses Desember 2021

Butuh bantuan?