Buku “Ni Hoe Kong: Kapitein Tionghoa di Betawie dalem taoen 1740” karya B. Hoetink (versi 1923)

Home » Artikel » Buku “Ni Hoe Kong: Kapitein Tionghoa di Betawie dalem taoen 1740” karya B. Hoetink (versi 1923)

Dilihat

Dilihat : 17 Kali

Pengunjung

  • 0
  • 53
  • 54
  • 38,591
Pic 4 Buku Ni Hoe Kong

Oleh: Arya Karniawan, M. Pd.

 

Setangkaidupa.com melalui Sdr. Arya Karniawan, M.Pd. kembali melakukan Recovery & Digitalization Project untuk sebuah buku lawas yang bisa menjadi refrensi ilmiah masa lalu bagi para pembaca.

  • Judul: “Ni Hoe Kong: Kapitein Tionghoa di Betawie dalem taoen 1740”
  • Penulis: B. Hoetink,1923.
  • Penerbit: Naamlooze Vennootschap Handel-Mij & Drukkerij, de pertoendjangan.
  • Jumlah Halaman: 80 halaman A5.
  • Bahasa: Melayu campur beberapa kosakata Belanda, ejaan Van Ophuijsen.
  • Link download: https://drive.google.com/file/d/1d1NP1CM9445_LuLGu_R_GFUE4T3-Imqj/view?usp=drivesdk

 

Sinopsis buku:

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana kehidupan masyarakat Tionghoa di Batavia (Jakarta) pada era 1700an masehi? Kala itu Batavia menjadi tempat mengadu nasib favorit orang Tionghoa hingga karena banyaknya kepentingan terjadilah peristiwa Geger Pecinan yang membuat seorang Kapitein bernama Nie Hoe Kong (連福公 versi arsip VOC/連富光 versi populer sumber Tionghoa) kehilangan jabatannya dan diasingkan ke tanah Maluku.

 

Buku “Ni Hoe Kong: Kapitein Tionghoa di Betawie dalem taoen 1740” karya B. Hoetink (versi 1923 terbitan Naamlooze Vennootschap Handel-Mij & Drukkerij, de pertoendjangan) akan membawa Anda kembali ke masa itu. Melalui penelitian yang mendalam, Hoetink mengungkap kisah-kisah menarik tentang kehidupan sehari-hari, tradisi, dan peran penting Sang Kapitein bersama komunitas Tionghoa dalam membentuk wajah Batavia. Mulai dari aktivitas perdagangan, interaksi dengan masyarakat antar suky, hingga tantangan yang mereka hadapi dalam krisis geger pecinan, buku ini menyajikan gambaran yang kaya dan komprehensif.

 

Buku ini merupakan sumber primer yang sangat berharga bagi para sejarawan, antropolog, dan siapa pun yang tertarik mempelajari sejarah komunitas Tionghoa di Batavia tempoe doeloe. Melalui analisis yang mendalam terhadap data-data historis, Hoetink berhasil mengungkap peran penting komunitas Tionghoa dalam membentuk dinamika sosial dan ekonomi Batavia.

 

Buku ini juga memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan studi tentang migrasi, etnisitas, dan hubungan antar kelompok di kawasan Asia Tenggara. Bagi para akademisi, buku ini adalah referensi yang tak tergantikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

 

BAGI PARA PEMBACA YANG MAU MEMBANTU OPERASIONAL SETANGKAIDUPA.COM BISA MELALUI REK. BANK BRI KCP CIPULIR RADIO DALAM 086801018179534 AN. MAJAPUTERA KARNIAWAN. MOHON MENGIRIMKAN KONFIRMASI DANA KE WHATSAPP NOMOR 089678975279 (MAJA).

 

error: Content is protected !!
Butuh bantuan?