Four Basic Principles of Successful Teaching 豫时孙摩

Home » Artikel » Four Basic Principles of Successful Teaching 豫时孙摩

Dilihat

Dilihat : 32 Kali

Pengunjung

  • 18
  • 16
  • 37
  • 33,034
sdc

Oleh: Xie Zheng Ming 谢峥明

 

Saya bukanlah orang yang pernah belajar tentang ilmu pedagogi apalagi bergelar akademik panjang atau memegang jabatan tertentu, hanya baru saja membaca sebuah bahan yang menarik untuk kita pelajari bersama-sama. Pada sebuah kesempatan Albert Einstein pernah mengatakan: A clever person solves a problem. A wise person avoids it. Pertanyaan saya, apa pilihan anda? Apakah gelar panjang dan jabatan tinggi menjamin tingkat kebijaksanaan seseorang? Apa yang membuat kita yakin dengan jawaban itu?

Prinsip preventif telah diajarkan oleh Nabi Kong Zi sebagai salah satu faktor yang menjadikan pendidikan berhasil. Seorang guru yang baik mampu mencegah para murid untuk melakukan kesalahan atau pun memiliki kebiasaan yang buruk. Memberikan pemahaman merokok adalah kebiasaan buruk dapat mempengaruhi kesehatan jauh lebih berarti daripada memberitahukan alamat dokter paru-paru terbaik setempat.

Dalam kitab catatan kesusilaan (Li Ji礼记) bagian catatan tentang pendidikan XVI. 11礼记-学记 tertulis: mencegah sebelum sesuatu timbul itulah dinamai Yu 豫 (Bersiap untuk kenyamanan/kemudahan di masa depan). Jika kita menggunakan google translate maupun kamus akan menemukan hasil yang lain. Ketika kita menggunakan cara yang lain akan menemukan ketepatan yang lebih baik. Dalam konteks ini Yu 豫 memiliki keterkaitan dengan Yu 预 (Persiapan).

Faktor kedua yang menjadikan pendidikan berhasil adalah masalah timely teaching. Beberapa waktu yang lalu orang mungkin ada yang menggunakan bahasa Inggris untuk mempelajari Si Shu Wu Jing, sekarang cara tersebut jika tetap dilaksanakan tidak akan lebih baik daripada langsung belajar bahasa Mandarin, bahasa kitab. Dulu ketika hendak belajar Mandarin memang guru senior dan native adalah pilihan terbaik. Saat itu punya banyak banyak koleksi buku bacaan dan kamus besar sangat membantu untuk belajar writing dalam bahasa Mandarin. Sekarang dengan bantuan AI, kemampuan writing kita bisa meningkat dengan jauh lebih cepat.

Maka dari itu dalam kitab Li Ji ditulis: Salah satu prinsip pembelajaran yang baik adalah sesuai dengan saat atau jamannya. Yang wajib dan diperkenankan, itulah dinamai cocok waktu. 时,是及时施教原则。“当其可之谓时”,抓住最佳的时机,及时施教,因势利导,就会取得良好的教育效果。否则,“时过然后学,则勤苦而难成”。

Selanjutnya, step-by-step principle. Dalam belajar ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Pertama kali belajar membaca dan menulis akan menghafalkan alphabet latin dari A-Z dan angka 0-9. Dilanjutkan dengan menyusun alphabet menjadi 1 suku kata, beberapa suku kata menjadi sebuah kalimat. Kumpulan kalimat menjadi paragraf, beberapa paragraf menjadi 1 topik bacaan. Bagaimana kita hendak mempelajari Yi Jing jika kemampuan bahasa Mandarin belum memadai? Mengenal han zi saja terbatas pada menuliskan kembali beberapa nama tokoh yang cukup familiar kosakata yang basic sekali semisal: 孔子,论语,孟子. Kitab Li Ji mencatat yang tidak bertentangan dengan ketentuan yang diberikan, itulah dinamai selaras keadaan 孙. Tidak bertentangan dengan ketentuan yang diberikan adalah step by step principle.

Terakhir, kitab Li Ji mencatat saling memperhatikan demi kebaikan itulah dinamai saling menggosok 摩. Mengosok disini berarti saling berlatih dan meningkatkan skill. Adalah hal yang sangat membantu jika yang memiliki kemampuan bahasa Inggris level C2 berkenan memberikan tip-tips, mengkoreksi, menyediakan waktu, berbagi bahan untuk kita yang baru belajar bahasa Inggris. Jangan sampai yang baru belajar saling bersekutu untuk memojokkan yang lebih menguasai.

Seorang guru tidak akan memiliki kesempatan untuk upgrade skill dan pengetahuan jika gaya mengajarnya satu arah, tidak dapat menerima pertanyaan kritis dan membangun dari siswa. Gelar akademik tinggi pun, ilmu pengetahuan yang terbaru dipelajari dapat bertahan berapa lama? 3 tahun, 5 tahun kemudian,… apakah tidak ada perkembangan yang baru?

Empat hal diatas: 豫时孙摩adalah hal-hal yang perlu diikuti demi berhasil dan berkembangnya pendidikan.

 

“大学之法,禁于未发之谓豫,当其可之谓时,不陵节而施之谓孙,相观而善之谓摩。此四者,教之所由兴也。”

Hukum di dalam Da Xue: mencegah sebelum sesuatu timbul, itulah dinamai memberi
kemudahan (Yu豫); yang wajib dan diperkenankan, itulah dinamai cocok waktu (Shi时); yang
tidak bertentangan dengan ketentuan yang diberikan, itulah dinamai selaras keadaan
(Sun逊); saling memperhatikan demi kebaikan itulah dinamai saling menggosok (Mo摩). Empat hal inilah yang perlu diikuti demi berhasil dan berkembangnya pendidikan (Si Xing 四兴).
(礼记-学记)

豫通“预”,预防。时:合乎时宜。孙通“逊”:顺应,循序渐进。摩:观摩,相互学习。

 

BAGI PARA PEMBACA YANG MAU MEMBANTU OPERASIONAL SETANGKAIDUPA.COM BISA MELALUI REK. BANK BRI KCP CIPULIR RADIO DALAM 086801018179534 AN. MAJAPUTERA KARNIAWAN. MOHON MENGIRIMKAN KONFIRMASI DANA KE WHATSAPP NOMOR 089678975279 (MAJA).

 

Daftar Pustaka:
Adegunawan, Suyena. 2018. Kompilasi《礼记》- Liji – Catatan Kesusilaan. Bandung. TSA.

Butuh bantuan?