Kitab Suci Sejati Dari Hyang Maha Sunya Ibu Bumi Untuk Melindungi Menjaga Kehidupan & Melindungi Nasib Baik无上虚空地母玄化养生保命真经

Home » Artikel » Kitab Suci Sejati Dari Hyang Maha Sunya Ibu Bumi Untuk Melindungi Menjaga Kehidupan & Melindungi Nasib Baik无上虚空地母玄化养生保命真经

Dilihat

Dilihat : 60 Kali

Pengunjung

  • 19
  • 17
  • 37
  • 33,035
Picture1 Kitab Hyang Maha Sunya

Setangkaidupa.com kembali melakukan pelestarian kitab kuno agama tradisi rakyat Tionghoa. Sewaktu tim kami berkunjung ke Kelenteng Ngo Kok Ong Cibarusah, Kab. Bekasi, atas Siopwe dewa utama di kelenteng tersebut ternyata kami mendapat izin untuk mendigitalisasi kitab yang ada di altar beliau.

Kitab itu berjudul “Kitab Suci Sejati Dari Hyang Maha Sunya Ibu Bumi Untuk Melindungi Menjaga Kehidupan & Melindungi Nasib Baik” (无上虚空地母玄化养生保命真经Wú Shàng Xū Kòng Dì Mǔ Xuán Huà Yǎngshēng Bǎomìng Zhēn Jīng).

Menurut petunjuk pada bagian awal kitab kuno ini muncul secara ajaib pada era Dinasti Qing tahun rezim GuangXu 光绪ke 9 (1884 Masehi) Penanggalan Imlek Cia Gwee Ce Kao (Bulan 1 Tanggal 9). Bertempat di Kelenteng Ibu Bumi (Ti Mu Bio 地母庙) Provinsi Shanxi陝西省.Kota Hanzhong汉中府市 Kabupaten bagian (di Indonesia setara kecamatan) ChengGu城固县 dengan adanya seekor Burung Hong terbang menyampaikan kitab ini.

Kitab ini  salinan dari kitab yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia (Oleh umat lain, namun terjemahan masih tulis tangan dan banyak ketidak sempurnaan karena tidak ada catatan kaki) dari kitab Tua berbahasa Tiongkok Kuno yang ada di Kelenteng Ngo Kok Ong Cibarusah 貰巴露沙 – 五穀王廟 Kab. Bekasi, Hanzi sudah di simplifikasi ditambah Pinyin. Tentu dalam proses digitalisasi kami membandingkan sumber kitab ini dengan kitab Di Mu Jing milik Di Mu Miao yang ada di Taiwan, namun ternyata salinan ada sedikit berbeda. Sehingga untuk menjaga originalitas kami tetap berpegang pada salinan kitab Di Mu Jing yang ada di Kelenteng Ngo Kok Ong Cibarusah.

Dalam satu kitab ini berisi beberapa kitab, yakni:

  • 香赞Xiangzan/Pujian Hio Harum (Hal 3)
  • 地母宝诰Di Mu Baogao/Amanat permata/gatha pujian pada Ibu Bumi (Hal 3)
  • 地母真经Di Mu Zhenjing/Kitab suci sejati Ibu Bumi (Hal 4)
  • 地母妙经Di Mu Miaojing/Kitab Suci Ibu Bumi Yang Begitu Menakjubkan (Hal 16)
  • 回向文Hui Siang Wen/Syair Pelimpahan Jasa (Hal 24)
  • 回向文Hui Siang Wen/Surat pelimpahan jasa (Hal 25, tambahan dari kitab versi Taiwan)
  • 眼光真经Yen Guang Zhenjing/Kitab Suci Sejati Tentang Cahaya Mata (Hal 26)
  • 太上老君说五谷妙经Taishang Laojun Shuo Wugu Miaojing/Kitab Suci Thay Siang Loo Kun tentang Lima Palawija Yang Menakjubkan (Hal 27)
  • 五谷经Wugu Jing/Kitab Lima Palawija (Hal 31)

 

Kitab ini bisa digolongkan kitab kepercayaan rakyat Tionghoa, karena isinya bukan sekedar kitab Taoisme atau Buddhisme namun perpaduan keduanya. Sebagaimana isi daripada kitab ini menyatakan bahwa siapa saja boleh menyebarkan kitab ini, siapa yang menyebarkan akan mendapatkan pahala bajik yang tidak sedikit. Maka kami membuka akses bagi siapapun yang mau dan berkenan menyebarkan kitab ini. Semoga hadirnya versi digital kitab ini bisa menjadi ladang jasa bagi kita semua.

 

Bagi siapa saja yang mau mencetak ulang kitab ini, atau membaca buku secara digital, bisa mendapatkan format digital (PDF) dengan link berikut ini: https://drive.google.com/drive/folders/1L_nPvZNUgur3xPDd15AEY0c9ngWLDPiT?usp=sharing . Kitab ini bebas copyright dan boleh diperbanyak untuk tujuan ibadah keagamaan maupun pembelajaran agama dan tradisi Tionghoa.

Digitalisasi dan pelestarian kitab kuno oleh tim Setangkaidupa.com  Komunitas Edukasi Kebijaksanaan Timur. 1 Januari 2024.

 

Butuh bantuan?