Malu Jika Berucap Tanpa Menepati

Home » Artikel » Malu Jika Berucap Tanpa Menepati

Dilihat

Dilihat : 9 Kali

Pengunjung

  • 0
  • 12
  • 18
  • 4,256
Malu Jika Berucap Pic

Oleh: Xie Zhen Ming谢峥明

Editor: Majaputera K / Xie Wei Qiang 谢偉强

 

Mendengar kata garansi produk barang “X” apa yang terdapat dalam benak kita? Secara teori garansi produk adalah jaminan yang ditawarkan oleh produsen atau penjual mengenai kondisi produknya. Garansi adalah suatu bentuk layanan pasca-transaksi antara penjual prodak kepada konsumen (post-cosumer transaction), diberikan untuk pemakaian barang yang digunakan secara berkelanjutan, serta dapat dinyatakan secara garansi tegas (express warranty) maupun secara garansi tersirat (implied warranty, Shidarta 2015).  Persaingan bisnis yang semakin ketat dan masyarakat memiliki lebih banyak sumber informasi menjadikan garansi produk semakin umum untuk dibicarakan.

Dari sudut produsen, untuk memenangkan persaingan bisnis dengan mudahnya mengganti label garansi produknya. Misalkan sebelumnya sebuah produk diberi label garansi 5 tahun, karena semua pesaingnya menawarkan masa garansi yang sama, untuk memenangkan persaingan, label tersebut dengan tergesa-gesa diubah menjadi 10 tahun. Tanpa riset dan perbaikan mutu, berdasarkan apa mengganti masa garansi produk? Yang penting omset naik dulu, konsumen yang  komplain dan perlu ditanggapi bisa diprediksi.

Dari sisi konsumen, selama masa garansi produk ketika mengajukan komplain akan segera selalu mendapatkan barang baru. Perilaku mereka cenderung tidak ikut berupaya menjaga dan merawat agar barang tersebut dapat digunakan lebih dari masa garansinya. Seakan-akan rugi bila tidak complain (meskipun ada sebagian perusahaan yang menerapkan kriteria kondisi ‘wajar’ pemakaian agar garansi bisa di klaim, tetapi tetap saja ada celah dan biasanya akibat celah ini akan berimbas kepada pihak di tengah-tengah produsen dan konsumen, yakni distributor. red).

Sebagai perantara produsen dan konsumen (Distributor), apa yang dapat dilakukan? Tentu saja, semua distributor juga ingin maju dan berkembang. Mungkin saja, laju kemajuan lambat karena tidak memiliki kuasa untuk mengganti label masa garansi produk. Terhadap calon konsumen, tim penjualan distributor akan mencari informasi tentang kebutuhan mereka dahulu baru kemudian memberikan pilihan beberapa produk yang dekat dengan yang dikehendaki. Setelah itu, tim penjualan akan memberikan informasi produk yang memadai. Keputusan memilih produk tertentu adalah hak calon konsumen. Distributor juga memberikan tip-tips dan motivasi agar barang yang dipilih bisa dipergunakan lebih lama daripada masa garansi produk.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali bertindak dan berbuat mirip dengan perilaku produsen barang. Semisal berjanji untuk tidak terlambat ke kantor. Biasanya jam 22.00 sudah tidur, sekarang jam 23.00 masih asyik bermain media sosial. Bukankah besok kemungkinan terlambat akan jauh lebih besar? Berjanji kepada adik yang hendak berulang tahun akan memberikan hadiah. Waktu sudah dekat, masih saja gemar have fun dengan teman-teman, bagaimana hendak menabung, menyisihkan sedikit untuk memberi adik hadiah ulang tahun? Nabi Kong Zi dalam kitab Lun Yu jilid XIV. 27 mengingatkan kita semua agar kata-kata tidak melampaui perbuatan. Ajaran ini sejalan dengan peribahasa Mandarin:言行相副 yán xíng xiāng fù match word to deed (Cocok antara kata-kata dan perbuatannya).

 子曰.“君子耻其言而过其行。”

Zǐyuē .“ Jūnzǐ chǐ qí yán ér guò qí háng.” (Nabi bersabda: “Seorang Kuncu malu bila kata-katanya melampaui perbuatannya.”)

以言行一致为美德,以言过其行为可耻,这是孔子一贯提倡的做人准则。要么不说,要么说出就一定要做到。如果言之凿凿,却不能付诸实践,徒有华丽的言辞,那也只是假道学罢了。君子是行动胜过言语的。

“Bersikap konsisten antara kata-kata dan perbuatan adalah sesuai dengan Kebajikan (Tek 德), sangat memalukan bertindak melebih-lebihkan ucapan, ini adalah prinsip hidup yang diajarkan Nabi Kongzi. Baik tidak mengatakannya, ataupun mengatakan dan melakukannya, jika kata-katanya meyakinkan dan indah namun tidak dapat direalisasikan/dipraktikan maka hanya kata-kata manis yang palsu. Seorang susilawan (Kuncu 君子) selalu berbuat/berusaha lebih keras dibanding kata-katanya.

 

Daftar Pustaka:

Shidarta. 2015. Garansi Dan Perlindungan Konsumen. https://business-law.binus.ac.id/2015/10/14/garansi-dalam-layanan-purnajual-dan-perlindungan-konsumen/. Diakses Mei 2022.

Adegunawan, Suyena. 2018. Kompilasi Si Shu Empat Kitab Klasik The Classic of Four Books. Bandung. Penerbit TSA.

https://iguoxue.ifeng.com/56885829/news.shtml?&back Diakses Mei 2022.

Butuh bantuan?