MY PROMISE (Janji Ku)

Home » Artikel » MY PROMISE (Janji Ku)

Dilihat

Dilihat : 48 Kali

Pengunjung

  • 0
  • 50
  • 54
  • 38,588
maret 1 janji

Oleh: Xie Zhen Ming 谢峥明 Editor: Majaputera K / Sia Wie Kiong 谢偉强

 

My promise Last week, I made a plan to go back to my hometown & make a visit to my grandparents. They were so excited to see me because we hadn’t seen each other for a long time. But, my friend invited me to take part in his birthday party, and they had organised many excellent activities. I really wanted to join and share his happiness. But thinking about the promise that I had made to my grandparents before, I was struggling to make a final decision. 

Saya berjanji minggu lalu, saya membuat rencana untuk kembali ke kampung halaman & mengunjungi kakek dan nenek saya. Mereka sangat senang melihat saya karena kami sudah lama tidak bertemu. Tapi, teman saya mengundang saya untuk ikut serta dalam pesta ulang tahunnya, dan mereka telah menyelenggarakan banyak kegiatan yang luar biasa. Saya sangat ingin bergabung dan berbagi kebahagiaannya. Tetapi memikirkan tentang janji yang telah saya buat kepada kakek nenek saya sebelumnya, saya berjuang untuk membuat keputusan akhir.

As I didn’t want to break my promise, I chose to refuse my friend’s invitation. When I saw my grandparents’ smile and the delicious food they cooked for me, I know I did the right thing. We must keep our promise. If we can’t do it, it is necessary to explain, or we will lose trust from others. 

Karena saya tidak ingin mengingkari janji saya, saya memilih untuk menolak ajakan teman saya. Ketika saya melihat senyuman kakek-nenek saya dan makanan lezat yang mereka masak untuk saya, saya tahu saya telah melakukan hal yang benar. Kita harus menepati janji kita. Jika kita tidak bisa melakukannya, perlu dijelaskan, atau kita akan kehilangan kepercayaan dari orang lain.

俗语说:人而无信,不知其可也rén ér wú xìn,bù zhī qí kě yě,

(As the saying goes: “A person who cannot be trusted (without trust), who knows what can be done?)

(Seperti pepatah: “Seorang yang tidak dapat dipercaya (tanpa kepercayaan), entah apa yang dapat dilakukan?)

 

意为一个人如果不讲信用,真不知道他是否可以(做成事)。即人不讲信用是不行的。

It means if someone doesn’t keep his word, he doesn’t know if he can (make something happen). In other words, it’s impossible for people not to speak in praise.

Artinya jika seseorang tidak menepati janjinya, dia benar-benar tidak tahu apakah dia bisa (mewujudkan sesuatu). Dengan kata lain, tidak mungkin orang tidak berbicara pujian. 

 

子曰:“人而无信,不知其可也。大车无輗,小车无軏,其何以行之哉?” 

Confucius once said: “A person who cannot be trusted (without belief), who knows what can be done? It is like a big train that has no a pair of axles or a small train that does not have a doubles, somehow run it?

Nabi Kongzi bersabda: “Seorang yang tidak dapat dipercaya (tanpa kepercayaan), entah apa yang dapat dilakukan? Itu seumpama kereta besar yang tidak mempunyai sepasang gandaran atau seumpama kereta kecil yang tidak mempunyai sebuah gandaran, entah bagaimana menjalankannya?”

 论语·为政(Lun Yu jilid XIII. 20) 

 

孔子说:“人如果失去了信用或不讲信用,不知道他还可以做什么。就像大车没有车辕与轭相连接的木销子,小车没有车杠与横木相衔接的销钉,它靠什么行走呢?” 

Confucius said: “If a man loses his faith or is untrustworthy, he does not know what else he can do. Just as a large cart has no wooden pins connecting the rod and yoke, a small cart has no axle pins connecting the crossbars. What can you rely on to walk?

Konfusius berkata: “Jika seseorang kehilangan kredibilitasnya atau tidak dapat dipercaya, dia tidak tahu apa lagi yang bisa dia lakukan. Sama seperti gerobak besar yang tidak memiliki pin kayu yang menghubungkan batang dan kuk, dan gerobak kecil tidak memiliki pin gandaran yang menghubungkan palang dan palang. Apa yang bisa diandalkan untuk berjalan??”

Selamat belajar. Semoga bermanfaat… 

  • REDAKSI MENYEDIAKAN RUANG SPONSOR (IKLAN) Rp 500.000,- PER 1 BULAN TAYANG. MARI BERIKLAN UNTUK MENDUKUNG OPERASIONAL SETANGKAIDUPA.COM
  • REDAKSI TURUT MEMBUKA BILA ADA PENULIS YANG BERKENAN BERKONTRIBUSI MENGIRIMKAN ARTIKEL BERTEMAKAN KEBIJAKSANAAN TIMUR (MINIMAL 800 KATA, SEMI ILMIAH)
  • SILAHKAN HUBUNGI: MAJA 089678975279 (Chief Editor)

Reference

Adegunawan, Suyena (陳書源 Tan Su Njan). 2018. Kompilasi 《四书》- Si Shu – Empat Kitab Klasik. Bandung. TSA.

error: Content is protected !!
Butuh bantuan?