Pangkal Dahulu Baru Ujungnya!

Home » Artikel » Pangkal Dahulu Baru Ujungnya!

Dilihat

Dilihat : 7 Kali

Pengunjung

  • 0
  • 45
  • 60
  • 38,643
Pic 5 Pangkal

Oleh: Xie Zheng Ming 谢峥明

 

百喻经里面有一个故事叫「三重楼喻」:有个脑袋不灵光的富翁,见别人家盖了栋三楼又宽广又漂亮,心里十分羡慕。他想自己财力不比对方差,何不也盖个和他一样的楼房呢。于是找来木匠要求盖一栋同样规模的三层楼。

Di dalam Kitab Sutera 100 perumpamaan (Bai Yu Jing百喻经), terdapat sebuah cerita tentang rumah bertingkat tiga. Alkisah, hiduplah seorang pria kaya namun dungu. Ketika melihat orang lain memiliki sebuah rumah bertingkat tiga, ia merasa sangat iri. Orang itu merasa lebih kaya darinya, ingin membangun juga sebuah rumah yang mirip. Maka ia memanggil seorang tukang kayu untuk mengerjakan.

木匠依言开始从地面上逐楼的往上堆叠,富翁看到了觉得奇怪,问木匠:「你在做什么呀?」「我盖三层楼啊!」「盖三层楼为什么要盖下面这二层呢?」「报告富翁!三层楼必须有下面二层啊。」木匠这么回答笨富翁,富翁却没好气的说道:「我只要最高的这一层楼就好,我不要下面这二层了!」

Tukang kayu pun memulai pekerjaannya dari lantai paling dasar ke atas. Melihat cara kerja tukang kayu, si orang kaya dungu itu merasa aneh. Ia bertanya: “Tukang kayu, apa yang kamu lakukan?” “Tentu saja sedang membangun rumah bertingkat tiga!” “Mengapa harus membangun lantai dua?” Sang tukang kayu menjawab: “Bangunan tiga lantai pasti ada lantai dua dibawahnya.” Mendengar jawaban tersebut, si pria kaya dungu menjadi marah. Ia berkata: “Saya hanya ingin bangunan yang berada di lantai ketiga, tidak membutuhkan  lantai 2 dan 1 yang berada dibawahnya.

所有的人都知道盖房子要从地基打底,世界上并没有空中楼阁这回事。任何物品都有他的来处与落点;一件事情的发生也必须有一定的脉络轨迹,有开始就有结束,这才是宇宙间万事万物运行的自然法则。若是看待事情舍本逐末,做事情时有始无终,岂不是跟这个只要三楼不要一、二楼的富翁一样愚笨了。

Semua orang tahu jika membangun rumah dimulai dari lantai paling dasar, tidak ada rumah yang “melayang” di atas tanah. Setiap benda memiliki ujung dan pangkal, terjadinya suatu peristiwa juga memiliki urutan kejadian, ada awal dan ada akhir. Ini adalah hukum alam dari bekerjanya segala sesuatu di alam semesta. Jika kita dalam bekerja melakukan dari awal akan tetapi tidak memiliki akhir sama dungunya dengan orang kaya tersebut yang hanya ingin memiliki rumah lantai ketiga, tanpa lantai 2 dan 1.

世界的万事万物都是由两面组成的,都有主次矛盾之分,现在不管干什么事情,我们都要抓住主要的一面。主要的一面是什么?就是根本。大学里有一句话说:物有本末,事有终始,知所先后,则近道矣。世界上的很多事物都有它的根本和末梢,事情有开端和结尾,我们在对待处理的时候,应该知道孰先孰后,孰本孰末,加以区别对待,这样的话,就离道不远了。

Segala sesuatu di dunia terdiri dari dua sisi, dan memiliki prioritas pengerjaan. Dalam bekerja harus mendahulukan yang utama. Aspek utama itulah pokoknya. Dalam kitab Da Xue bab utama ayat ke-3 tertulis: tiap benda memiliki pangkal dan ujung, tiap perkara itu mempunyai awal dan akhir. Orang yang mengetahui hal yang dahulu dan mana hal yang kemudian, ia sudah dekat dengan Dao. Di dunia semua benda memiliki ujung dan pangkal, dan setiap peristiwa memiliki awal dan akhir. Ketika kita menghadapi sebuah permasalahan, harus bisa mengetahui mana yang didahulukan dan mana yang belakangan. Mana yang didahulukan dan mana yang belakangan jelas mendapatkan perlakuan yang berbeda. Jika kita dapat menerapkannya berarti telah dekat dengan Dao.

有一天,动物园的管理员们发现袋鼠从笼子里跑出来了,于是开会讨论,一致认为是笼子的高度过低,所以他们决定将笼子的高度由原来的1米加高到2米。结果第二天他们发现,袋鼠还是跑到外面来,所以他们又决定再将高度加高到3米。没想到隔天居然又看到袋鼠全跑到外面,于是管理员们大为紧张,决定一不做二不休,将笼子的高度加高到10米。一天,长颈鹿和几只袋鼠在闲聊,“你们看,这些人会不会再继续加高你们的笼子?”长颈鹿问。“很难说。”袋鼠说,“如果他们再继续忘记关门的话!”

Suatu hari, pengelola kebun binatang menemukan bahwa seekor kanguru telah melarikan diri dari kandang. Mereka mengadakan rapat untuk membahas penyelesaian masalah tersebut. Karena tinggi kandang terlalu rendah, mereka memutuskan untuk menambah tinggi kandang dari 1 meter menjadi 2 meter. Keesokan harinya, mereka mendapati bahwa kanguru masih keluar dari kandang, memutuskan untuk meninggikan lagi hingga 3 meter. Kejadian tersebut terus berulang, tinggi kandang telah ditambah hingga mencapai 10 meter. Pengelola kebun binatang pun menjadi resah dan risau. Suatu hari, seekor jerapah mengobrol dengan beberapa kanguru. “Menurutmu, apakah orang-orang akan terus memelihara kandangmu?” tanya jerapah. “Entahlah. Aku tidak bisa membayangkan seberapa tinggi kandang jika mereka terus-menerus lupa menutup pintu!”, kata kangguru.

事有“本末、“轻重、“缓急,关门是本,加高笼子是末,舍本而逐末,当然就不得要领了。很多人都是这样, 只知道有问题, 却不能抓住问题的核心和根基。

Setiap persoalan, ada yang perlu didahulukan dan ada yang belakangan. Menutup pintu kandang adalah hal yang perlu didahulukan, menaikkan tinggi kandang dapat dilakukan belakangan. Dengan demikian masalah tidak akan berkepanjangan. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak orang seperti pengurus kebun binatang. Mereka hanya mengetahui terdapat sebuah masalah, tetapi mereka tidak dapat membedakan mana yang harus didahulukan dan belakangan.

 

BAGI PARA PEMBACA YANG MAU MEMBANTU OPERASIONAL SETANGKAIDUPA.COM BISA MELALUI REK. BANK BRI KCP CIPULIR RADIO DALAM 086801018179534 AN. MAJAPUTERA KARNIAWAN. MOHON MENGIRIMKAN KONFIRMASI DANA KE WHATSAPP NOMOR 089678975279 (MAJA).

 

Daftar Pustaka:
Adegunawan, Suyena. 2018. Kompilasi 《四书》- Si Shu – Empat Kitab Klasik. Bandung. TSA.

https://static.promediateknologi.id/crop/0x0:0x0/0x0/webp/photo/jawapos/2023/02/ilustrasi-pembangunan-rumah-Zameen.jpeg. Diakses 10 Juli 2023.

 

error: Content is protected !!
Butuh bantuan?