Penerimaan “Loneliness” Putri Ariani

Home » Artikel » Penerimaan “Loneliness” Putri Ariani

Dilihat

Dilihat : 150 Kali

Pengunjung

  • 0
  • 32
  • 62
  • 38,741
WhatsApp Image 2023-06-30 at 8.49.03 AM (1)

Oleh: Jo Priastana

 

”Music is a part of my life”

(Putri Ariani, Penyanyi dan Pencipta Lagu)

 

Semua manusia pasti pernah mengalami kehilangan orang yang dicintainya, berpisah, bercerai atau tidak memperoleh apa yang didambakan. Itulah suatu bentuk penderitaan, kata Buddha. Tiada manusia yang lolos dari ciri kehidupan seperti tidak pernah mengalami kepedihan, kecewa, rasa lelah maupun merasakan patah hati, tiadanya harapan, merasa sendiri, sepi, sedih dan terpuruk. Namun, kenyataan dari ciri-ciri derita kehidupan ini justru tidak harus menjadikan tenggelam.

Ada sebab, ada jalan dan ada akhirnya keberhasilan dalam kemenangan. Tetap kenyataan pedih itu tidak ditolak tapi diterima dengan cara positif yaitu bangkit kembali. Demikian yang dialami Putri Ariani. Dia bangkit dan membangun harapan dan menggugah orang lain agar jangan pernah lelah, jangan pernah menyerah. Ubah pikiran negatif itu menjadi pikiran positif dan teruslah berkembang. Putri Ariani menerima kenyataan yang terpuruk namun menyikapinya secara positif.

Hasilnya adalah sebuah tembang ciptaan sendiri yang berjudul “Loneliness”. Sebuah lagu ciptaannya dan dinyanyikannya pada kesempatan tampil di panggung AGT, America’s Got Talent pada Sabtu 10 Juni 2023 lalu. Penampilannya yang memukau menjadikan Putri Ariani menjadi sosok perhatian, viral dan dibicarakan oleh masyarakat dunia. Tampilan cemerlang Putri Ariani di ajang bergengsi dalam panggung musik dunia menjadikan banyak manusia menyaksikan dan mendengarkan keindahan suaranya bahkan sampai meneteskan air mata.

 

Mempesona Simon Cowell

Dunia banjir air mata. Mereka hanyut dalam nada-nada yang indah dan lirik lagu yang menghantar pada kedalaman jiwa dan menggugah keheningan hati serta rasa kemanusiaan. Euforia dari penampilan Putri Ariani ini menggema di mana-mana dan membanggakan Indonesia. Sebuah sosok jenius di bidang musik telah lahir. Ia hadir dari seorang dara berusia tujuh belas tahun yang memiliki gangguan pada penglihatannya, tapi tidak untuk mata hatinya. Keterbatasan bukan halangan untuk meraih tujuan dan kesuksesan.

Keberhasilan Putri Ariani telah menginspirasi banyak orang agar menolak patah asa mencapai puncak cita. Putri Ariani yang mendapatkan golden buzzer ketika mengikuti audisi America’s Got Talent 2023 dari juri yang dikenal paling keras dan tegas, Simon Cowell. Bahkan setelah menyanyikan lagu ciptaannya sendiri, “Loneliness”, Simon Cowell meminta Putri menyanyikan sebuah lagu lagi.

Sebuah lagu dari Elton John, “Sorry Seems To Be The Hardest Word”, dinyanyikan Putri Ariani. Sebuah lagu yang indah dan populer yang berceritakan tentang suasana hati akibat kehilangan kekasih, tidak mendapatkan apa yang didambakan, sebagaimana juga lagu “Loneliness”. Kembali penampilan Putri Ariani mempesona dan mendapat respon kekaguman Simon Cowell.

Juri yang terkenal keras dan tegas itu semakin memantapkannya untuk memberikan golden buzzer kepada Putri Ariani, sebuah tiket untuk langsung melaju pada babak live show tanpa harus melalui babak eliminasi. Setelah menyanyikan lagu Elton John, Simon Cowell mantap memberikan penilaian kepada Putri Ariani sebagai penyanyi berbakat yang ada di dunia saat ini dan menyebutnya brilian.

Baiknya kita simak saja lagu “Loneliness” karya Putri Ariani maupun lagu Elton John “Sorry Seems To Be The Hardest Word”. Meresapi lirik-lirik kedua lagu yang dinyanyikan oleh Putri Ariani yang mengungkapkan rasa kehilangan dan tidak memperoleh apa yang didambakan. Lagu yang menjadikan Simon Cowell dan warga dunia semakin meresapi keindahan kedalaman hati Putri Ariani dalam nada suaranya yang menggemakan rasa kehilangan akan seorang kekasih, pedih, perpisahan dan kekecewaan.

 

Loneliness” dan “Sorry Seems To Be The Hardest Word

Lirik Lagu “Loneliness”. “I remember when we still one. Your laugh, your voice, and your bright eyes. We’re together in this love. Promise we’ll forever. And now you left me alone. Cause you find someone better. You’re in that way with her. And one thing I know. You break my heart, break my hope. Make me so down in a loneliness. You left me when I deep. Thought you are my best scene.

Being my prince, but I was wrong. Baby, you change a pink into the blue. And what does it mean. All the things that we have written. The great conversation and a beautiful future. Perfect definition of sadly flower. You break my heart, break my hope. Make me so down in a loneliness. You left me when I deep. Thought you are my best scene. Being my prince, but I was wrong. Oh Baby, you change a pink into the blue.

You break my heart, break my hope. Make me so down in a loneliness. You break my heart, break my hope. Make me so down in a loneliness. You left me, you left me when I’m in love. Thought you are my best scene. Being my prince, but I was wrong, I was wrong. I was wrong, I was wrong. I was wrong, oh, why do I fall in you.”

Pesan lagu “Loneliness” tentang accepting atau penerimaan. “Tentang penerimaan bagaimana menerima kesalahan, menerima diri kita sendiri dan juga ketika kita berpikir sesuatu itu baik untuk kita belum tentu yang terbaik untuk kita.” ungkap Putri Ariani ketika diwawancarai oleh Sandiaga Uno, Memparekraf dalam Sandiuno TV, 13/6/2023.

Sama-sama tentang kehilangan kekasih, tapi menyikapinya berbeda. Dalam lagu Loneliness”, Putri Ariani menyikapi kehilangan kekasih itu dengan acccepting, penerimaan, menerima diri sendiri dan berpikir sesuatu yang baik itu belum tentu yang terbaik sehingga ada peluang untuk perbaikan.

Sedangkan dalam lagu “Sorry Seems To Be The Hardest Word”, tidak terkandung rasa penerimaan atas suatu kehilangan yang terjadi namun terus saja mempertanyakan bagaimana seharusnya untuk dapat kembali sehingga sulit untuk kata maaf terucap.

Lirik Lagu “Sorry Seems To Be The Hardest Word”. What I got to do. To make you love me?   What I got to do. To make you care? What do I do when lightning strikes me. And I wake to find that you’re not there. What I got to do make you want me. What I got to do the heard? Oooooooohhhh. What do I say when it’s all over. (Babe). Sorry seems to be the hardest word. (That’s right)

It’s sad, so sad. It’s a sad, sad situation. And it’s getting more and more absurd. It’s sad, so sad. Why can’t we talk it over?  It seems to me. That sorry seems to be the hardest word.

What I got to do make you want me. Hmmmmmm. What I got to do the heard? What do I say when it’s all over. Sorry seems to be the hardest word. It’s said, so sad. It’s a sad, sad situation. And it’s getting more and more absurd. It’s sad, so sad. Why can’t we talk it over? Oh, it seems to me (yo, yo). That sorry seems to be the hardest word.

What I got to do. To make you love me? What I got to do the heard? What do I do when lightning strikes me? Yeah (yeah). What have I got to do?  What have I got to do? When sorry seems to be the hardest word?

 

Healed and Change by Music

Meresapi lirik lagu dapat membangkitkan jiwa. Pencipta lagu, dewa gitar dan penyanyi Eric Clapton (lahir 1945), mengungkapkan “musik menjadi penyembuh bagi saya”. Musik bermanfaat untuk kesehatan, seperti: meningkatkan suasana hati, mengatasi gangguan tidur, mencegah kejang pada penderita epilepsi, membantu pemulihan pasca operasi, membantu pemulihan stroke, mengatasi stres. (dr. Sienny Agustin, Alodoketer, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 21/5/23).

Sedangkan musisi Jimi Hendrix (1942-1970) bilang, “Musik tidak pernah berbohong. Jika ada sesuatu yang harus diubah ini, maka itu hanya dapat terjadi melalui musik.” Benar kata Jimi Hendrix, bahwa musik bisa mendatangkan perubahan.

Tidak hanya perubahan jalan hidup seseorang, bahkan juga kehidupan suatu negara. Konon katanya runtuhnya negara besar Uni Soviet di awal tahun 1990an dipicu juga oleh grup musik Scorpion yang datang menggetarkan dan menyemangati jiwa revolusioner anak-anak muda di Uni Soviet lewat lagunya “Wind of Change”. Musik memang bisa merubah peta dunia dan suara emas Putri Ariani anak bangsa Indonesia yang mengetarkan dunia! (JP) ***

 

BAGI PARA PEMBACA YANG MAU MEMBANTU OPERASIONAL SETANGKAIDUPA.COM BISA MELALUI REK. BANK BRI KCP CIPULIR RADIO DALAM 086801018179534 AN. MAJAPUTERA KARNIAWAN. MOHON MENGIRIMKAN KONFIRMASI DANA KE WHATSAPP NOMOR 089678975279 (MAJA).

 

Sumber gambar: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS-RXCvApVUKWOcRIvoh6_Yq_2rxTf-M-LCIQ&usqp=CAU

error: Content is protected !!
Butuh bantuan?