Resep Merawat Diri Dari Mental Block Ala Konfusius

Home » Artikel » Resep Merawat Diri Dari Mental Block Ala Konfusius

Dilihat

Dilihat : 18 Kali

Pengunjung

  • 0
  • 12
  • 18
  • 4,256
Mental Block Picture1

Oleh: Xie Zhen Ming 谢峥明

Editor: Majaputera K / Tjia Wie Kiong 谢偉强

Di dalam dunia Psikologi, dikenal istilah Mental Block. Secara harfiah mental block dapat dipahami sebagai: Upaya penolakan atas sejumlah aksi karena kurangnya rasa percaya diri, sehingga menjadi penghambat aktivitas dan mengganggu produktivitas kerja seseorang (Populix, 2022). Adanya mental block dapat membuat batin seseorang menjadi ‘kena mental’ dan berdampak kepada reaksi respon tubuh yang berakibat pada penghambatan segala macam aktivitas, inovasi, motivasi, dan sebagainya.

Pembaca yang terkasih, ada satu ajaran Nabi Kong Zi 孔子 (Konfusius) dalam kitab Lun Yu jilid VI. 12 yang membahas tentang cara merawat diri dari mental block ini. Di sana tertulis: Ran Qiu berkata: “Sesungguhnya bukan karena tidak suka akan Dao , hanya tenaga tidak mencukupi.” Nabi bersabda: “Kalau tenaga tidak mencukupi, dapat berhenti di tengah jalan. Mengapa engkau membatasi diri sendiri.

Apa yang dapat kita pelajari dari ayat ini?

Untuk membantu kita memahami, ada baiknya untuk melihat teks asli dan terjemahannya dalam bahasa Mandarin, selanjutnya baru menguraikan dalam bahasa Indonesia

冉求曰:“非不说子之道,力不足也。”子曰:“力不足者,中道而废,今汝画。”

Rǎn qiú yuē: “ Fēi bù shuō zǐ zhī dào, lì bùzú yě.” zǐyuē:“ Lì bùzú zhě, zhōng dào ér fèi, jīn rǔ huà

从这段对话中可以看出什么是最好的老师,最好的老师是让学生产生希望和自信。冉求对学习理论失去了信心,孔子则以学走路为喻对他进行开导和帮助。孔子吿诉他,并非是他的能力不够,而是他思想上的畏难情绪在作怪,自己给自己设置了障碍,只要努力去做,肯定能够克服一切困难,达到学习的目标。

人最怕的就是自己给自己的心灵套上枷锁,从而畏惧不前,所以说人最难克服的东西实际上来自于自身而非其他。只有先破除心灵的枷锁,才能真正达到内心的自在,才能潜心修行,才能大有作为。

Nabi Kong Zi adalah seorang guru yang hebat. Beliau mampu membuat para muridnya menjadi termotivasi dan memiliki rasa percaya diri. Suatu ketika, salah seorang murid beliau yang bernama Ran Qiu merasa kesulitan untuk mencerna pelajaran yang diberikan. Ia berkeluh kesah: aku merasa senang dengan pelajaran yang diberikan oleh Guru, namun kesulitan untuk memahami dan menjalankan. Sampai-sampai merasa lelah, tidak berdaya untuk mencari jalan keluar atas permasalahan ini. Nabi Kong Zi menjawabnya dengan sebuah cerita tentang perlombaan lari. Ada orang yang sebelum berlomba sudah menyerah kalah. Juga ada yang di tengah perlombaan ternyata kehabisan napas, badan merasa lelah. Orang semacam ini pada kesempatan lain akan lebih baik jika mau berlatih lebih keras. Nabi Kong Zi menegur muridnya, mengapa kau mudah sekali kehilangan kepercayaan dan membatasi diri. Kedua hal inilah yang membuat kamu takut untuk melangkah ke depan dan menjadi lebih baik. Hal yang menjadi musuh terbesar kita adalah diri sendiri bukan orang lain.

Para pembaca yang terkasih, dalam hidup kita tentu saja banyak kesulitan yang harus dihadapi. Sebagian orang merasa belajar bahasa Mandarin itu sulit, apalagi belajar bahasa kitab. Bagaimana menurut anda? Dalam belajar, sampai pada titik tertentu kita akan merasa jenuh. Pada saat itu, kita bisa mengambil jeda sejenak untuk kemudian melanjutkan belajar kembali. Dalam dunia sekolah maupun dunia kerja juga dikenal istilah cuti.

So, harapan saya ada lebih banyak lagi yang merasa belajar bahasa Mandarin dan bahasa kitab itu adalah sesuatu yang menyenangkan. Dengan lebih banyak orang yang belajar, akan lebih banyak orang yang memiliki pemahaman lebih baik. Pemahaman kitab Si Shu Wu Jing 四书五经 yang lebih baik diharapkan mampu mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari secara lebih luas. Menjadi rohaniwan/umat biasa itu adalah masalah panggilan hati, yang penting secara kualitas meningkat.

Daftar Pustaka:

Adegunawan, Suyena. 2018. Kompilasi Si Shu Empat Kitab Klasik The Classic of Four Books. Bandung. Penerbit TSA.Populix. 2022. Mengenal Mental Block: Penyebab, Bentuk, dan Cara Mengatasinya. https://www.info.populix.co/post/mental-block#:~:text=Sesuai%20dengan%20artinya%20secara%20harfiah,harus%20Anda%20usir%20jauh%2Djauh. Diakses Mei 2022.

Butuh bantuan?