Sun Si Miao dan Sebuah Diskursus Tentang Kesehatan

Home » Artikel » Sun Si Miao dan Sebuah Diskursus Tentang Kesehatan

Dilihat

Dilihat : 31 Kali

Pengunjung

  • 0
  • 3
  • 38
  • 33,967
Pic 6-1 Sun Si Miao

Oleh: Vijjavati Anindita

 

Sakit adalah dukkha yang pasti dialami oleh manusia. Siapapun tidak dapat menghentikan terjadinya penyakit. Meskipun dapat dicegah, ada waktunya manusia akan jatuh sakit. Banyak hal dapat menyebabkan penyakit mulai dari iklim, perilaku ceroboh, tindak kekerasan, suhu panas dan dingin, rasa lapar dan haus, defekasi dan urinasi, hingga berbuahnya karma seseorang. Ada berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan manusia baik fisik maupun mental.

Berdasarkan penyebabnya, penyakit digolongkan menjadi penyakit genetik, penyakit infeksi, dan penyakit tidak menular. Penyakit genetik berasal dari mutasi gen ada yang diturunkan dan yang tidak diturunkan dari orang tua kepada anak. Penyakit infeksi berakar dari bibit penyakit seperti bakteri, virus, jamur, atau parasit yang bersarang di tubuh manusia. Penyakit ini banyak terjadi, tetapi tidak terbatas, di negara tropis yang iklimnya lembab dan hangat. Penyakit tidak menular diakibatkan oleh kumpulan penyebab yang kompleks seperti gaya hidup, genetik, dan pola makan yang tidak diperhatikan dengan baik.

Tidak semua penyakit perlu diberi obat, ada penyakit yang sembuh dengan konsumsi makanan. Ada yang disembuhkan dengan menambah jumlah asupan, tetapi ada juga yang disembuhkan dengan mengurangi asupan. Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi gula dan zat pati sama banyaknya dengan orang yang sehat karena penurunan produksi ataupun sensitivitas insulin membuat kadar gulanya sulit terkendali. Seseorang yang terkena anemia akan diberikan tablet Fe serta dianjurkan memakan bahan pangan yang kaya zat besi seperti sayuran hijau dan daging merah.

Sun Si Miao mengatakan bahwa untuk mengobati orang sakit, intervensi tahap pertama adalah melalui pengaturan asupan makanan. Jika makanan tidak kunjung menyembuhkan penyakit orang tersebut, barulah obat diberikan. Ia beralasan bahwa kerja obat analog dengan kerjanya prajurit kerajaan. Prajurit tidak boleh diutus sembarangan karena dampaknya yang mengerikan. Jika kekuatan para prajurit tidak dimanfaatkan dengan bijak, kehancuran dan ancaman akan terjadi di mana-mana. Ibarat prajurit tersebut, obat yang dikonsumsi secara tidak bijak saat sakit akan membahayakan kesehatan tubuh seseorang.

Berbagai anjuran Sun Si Miao dapat dipraktikkan di kehidupan masa kini untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sebelum terjadi, penyakit dapat dicegah dengan menjaga kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan tidak sama artinya dengan hanya mengerjakan hal-hal yang ringan dikerjakan. Tubuh yang banyak bergerak akan bertahan lama karena sering digunakan. Namun, memaksakan diri untuk bergerak secara berlebihan malah akan mendatangkan penyakit. Tidur dalam durasi yang cukup, makan dan minum dalam jumlah yang moderat, berolahraga, dan mengelola stres adalah cara-cara agar kesehatan terjaga.

Di dalam ilmu kedokteran, terjadinya penyakit adalah sebuah proses yang berlangsung dalam periode waktu tertentu. Proses terjadinya penyakit selalu didahului oleh terpaparnya tubuh manusia oleh penyebab penyakit seperti virus, pola hidup, atau penyebab mutasi genetik manusia. Tergantung dari kekebalan tubuh manusia, berbagai penyebab tersebut dapat dihancurkan sebelum menyebabkan penyakit atau malah menyebabkan penyakit karena beberapa faktor seperti melemahnya kekebalan tubuh karena asupan gizi yang kurang baik.

Sering kita mendengar bahwa you are what you eat. Apapun yang dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh kita akan menjadi bagian dari tubuh kita. Sun Si Miao telah memberikan resep hidup sehat dan umur panjang jauh sebelum kehidupan manusia mengalami modernisasi. Secanggih apapun teknologi telah berkembang, pola hidup dan asupan nutrisi yang baik tetaplah menjadi kunci untuk kehidupan yang sehat.

 

BAGI PARA PEMBACA YANG MAU MEMBANTU OPERASIONAL SETANGKAIDUPA.COM BISA MELALUI REK. BANK BRI KCP CIPULIR RADIO DALAM 086801018179534 AN. MAJAPUTERA KARNIAWAN. MOHON MENGIRIMKAN KONFIRMASI DANA KE WHATSAPP NOMOR 089678975279 (MAJA).

 

Referensi:

Anguttara Nikaya (Sutta Central Trans.). Girimananda Sutta, 10.60. https://suttacentral.net/an10.60/en/bodhi?lang=en&reference=none&highlight=false

Dharmananda, S. (n.d.). SUN SIMIAO Author of the Earliest Chinese Encyclopedia for Clinical Practice. www.itmonline.org/arts/sunsimiao.htm

Tan, S. Y. (2002). Sun Si Miao (581- 682a.d.): China’s pre-eminent physician. Singapore medical journal43(5), 224–225.

Foto: Dokumentasi Pribadi.

 

Butuh bantuan?