Satya Seperti Bo Yu

Home » Uncategorized » Satya Seperti Bo Yu

Dilihat

Dilihat : 5 Kali

Pengunjung

  • 0
  • 12
  • 18
  • 4,256

Oleh:  Xie Zhen Ming谢峥明

Ada sebuah peribahasa dalam bahasa Mandarin yang berbunyi:不欺暗室bù qī àn shì, be scrupulously honest even when there is no one around (Berlakulah jujur dan teliti sekalipun tidak ada orang disekitarmu). Berikut adalah kisahnya.

Alkisah, pada jaman dinasti Zhou di kerajaan Wei hiduplah seorang yang bernama Bo Yu. Suatu malam, baginda raja Wei Ling Gong sedang bersama permaisurinya duduk bercengkrama di dalam istana. Tiba-tiba, terndengar suara kereta kuda mendekat. Ketika mereka menuju sumber suara di pintu gerbang, keadaan menjadi hening. Beberapa saat kemudian kembali terdengar suara kereta pergi menjauh. Baginda raja Wei Ling Gong merasa sangat aneh, beliau bertanya kepada sang permaisuri.

Sang permaisuri menjawab,: “Bo Yu baru saja datang.” Dengan penuh rasa terkejut, baginda raja Wei Ling Gong kembali bertanya, “Bagaimana kamu dapat memastikan itu adalah Bo Yu?” Sang permaisuri menjawab: “Bukankah kita memiliki sebuah peraturan tentang etika sebagai seorang bawahan? Pada saat seorang pejabat melintasi pintu gerbang istana raja harus turun dari kereta kuda dan memberikan salam untuk menghormati kaisar. Bo Yu adalah orang yang sangat menjunjung etika, walaupun tengah malam tidak ada orang yang melihat, ia tidak akan melonggarkan etika.” Baginda raja Wei Ling Gong diam-diam mengutus orang untuk menyelidiki kebenaran dari perkataan sang permaisuri, ternyata memang benar demikian.

Kisah ini juga menunjukan sikap Satya/loyalitas (Zhong忠) Dari Bo Yu sendiri. Satya adalah tetap setia terhadap aturan dan firman sekalipun tidak ada yang mengawasi. Jika kita pelajari sedikit lebih dalam, ternyata Bo Yu adalah salah satu dari 72 murid Nabi Kong Zi yang terkenal akan kebijaksanaanya. Dalam kitab Lun Yu terdapat beberapa ayat yang membahas tentang Bo Yu, salah satunya adalah: Lun Yu jilid XV. 7

子曰:“直哉史鱼!邦有道,如矢;邦无道,如矢。君子哉蘧伯玉!邦有道,则仕;邦无道,则可卷而怀之。
Zǐyuē: “ Zhí zāi shǐ yú! bāng yǒudào, rú shǐ ; bāng wú dào, rú shǐ. jūnzǐ zāi qú bà yù! bāng yǒudào, zé shì ; bāng wú dào, zé kě juǎn ér huái zhī.
. . . Sungguh seorang Jun Zi (Susilawan) orang yang bernama Qu Bo Yu itu. Negara di dalam Dao (Jalan suci, red), ia tampil ke muka memangku jabatan. Negara ingkar dari Dao, ia rela menyimpan pandangan hidupnya di dalam hati.

Selanjutnya silahkan dicari ayat lain dalam kitab suci Lun Yu yang berkaitan dengan Bo Yu. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

 

Daftar Pustaka:
Adegunawan, Suyena . 2018. Kompilasi Si Shu Empat Kitab Klasik The Classic of Four Books. Bandung. Penerbit TSA.

Butuh bantuan?